Bismillahirrohmaanirrohiim

Profil Pondok Pesantren Assalafiyyah Mlangi

Pondok Pesantren Assalafiyyah Mlangi Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta 55292 Telp. (0274)7435330. Didirikan oleh Simbah K.H. Mashduqi pada tahun 1936, dan diteruskan oleh putranya yang bernama K.H. Suja'i. Selaku pengelola dan penyelenggara, kami membutuhkan dukungan baik secara moral maupun secara material dari dari semua pihak terutama wali santri dan alumni. Kami tak bisa berjalan sendiri. Kerja sama yang harmonis akan menghasilkan kerja yang efektif dan efisien sehingga visi dan misi pondok pesantren Assalafiyyah dapat terealisasi. Realisasi ini tertuang dan terlihat dalam pola pemikiran dan keberagamaan santri sebagai promotor penggerak reformasi moral di tengah-tengah masyarakat yang mengalami krisis dimensional yang ujung-ujungnya kembali kepada krisis moral keagamaan.

Pondok pesantren Assalafiyyah dalam melaksanakan tugas moralnya mengalami kondisi yang serba sulit sehingga amanat suci yang diemban sedikit terabaikan. Dengan segala keterbatasannya pondok ini selalu berusaha mengadakan rekanstruksi di berbagai bidang dalam rangka penyesuaian kemajuan zaman. Bidang-bidang krusial dan mendasar selalu berusaha ditingkatkan, baik dalam sistem kerja maupun kinerjanya. Semua program selalu mengalami dinamisasi dengan disertai berbagai kekurangan sumber daya manusia maupun sumber daya lainnya. Hal ini adalah wajar, sebagai lembaga non formal yang tidak terikat dan tergantung dari pihak manapun sesuai dengan azaz kemandirian yang diterapkan di pondok ini. Roda perjalanan ini akan lebih lancar apabila kendala-kendala yang dialami dapat terselesaikan dengan tuntas.

Forum komunikasi antara wali santri dengan lembaga/institusi pesantren ini juga dibutuhkan untuk memecahkan persoalan-persoalan yang mendesak untuk segera diselesaikan baik yang berkaitan dengan masalah kependidikan maupun sarana dan pra sarananya. Segala masukan yang diharapkan muncul dalam forum ini adalah kontribusi yang sangat berharga demi suksesnya tujuan pendidikan di pondok pasantren Assalafiyyah. Untuk mencetak generasi yang mandiri dan selalu siap menghadapi segala tantangan zaman tentunya membutuhkan kondisi yang kondusif dalam belajar serta didukung oleh sarana dan pra sarana yang memadai disamping sumber daya yang ada dapat dipergunakan secara optimal.

Berbagai langkah telah ditempuh dalam rangka penyelenggaraan pengadaan sarana dan prasarana pendidikan baik berupa kegiatan-kegiatan riil maupun materiil. Dan akhirnya tiada pantas terucap dari kami kecuali bersyukur kepada Allah swt. bahwa amanat yang secara khusus tercantum dalam program dapat terlaksana dengan baik meskipun mengalami berbagai kendala.Pada sisi lain amanat yang diberikan selain merupakan tugas yang harus dijalankan, sesungguhnya di dalamnya terintegrasi muatan moral untuk berkhidmah secara lebih nyata terhadap Pondok Pasantren Assalafiyyah yang di dalamnya para santri belajar ilmu-ilmu warisan salafus sholih dan keberagamaan.

Potret kerja selama ini telah kami lakukan semata-mata merupakan keyakinan untuk membesarkan dan mensyi'arkan ilmu-ilmu Allah yang terkemas di pesantren ini. i. Peningkatan kemapuan sumber daya manusia ( santri ) berdasarkan nilai-nilai Islami Ahlussunnah Wal Jama'ah yang memiliki wawasan kebangsaan dan keagamaan dalam hidup bermasyarakat. ii. Pengembangan orientasi leadership yang memiliki kemampuan dalam ilmil 'ulama', hikmatil hukama', dan siyasatil muluk. iii. Menumbuhkembangkan keteladanan dan kepeloporan sebagai generasi penerus yang diharapkan dapat memikul tanggung jawab dalam mencapai masyarakat yang madani dan demokratis serta mandiri, kritis, dialogis serta memiliki ketinggian moralitas, intelektualitas, dan spiritualitas.


STRUKTUR ORGANISASI PONDOK ASSALAFIYYAH

Pondok As-Salafiyyah adalah pondok yang dimiliki oleh person, jadi bukan berupa Yayasan sebagaimana umumnya pondok pesantren yang lain. Di sini ada tiga unsur utama yang menangani dan mengatur pondok As-Salafiyyah, yaitu Ndalem, Majelis Qoriin dan Dewan Pengurus.

NDALEM
Adalah yang mempunyai otoritas tertinggi disamping Rapat Gabungan Pondok, yang mana merupakan pemilik dan penanggung-jawab pondok serta yang mengarahkan gerak dan langkah Qoriin dan Pengurus. Ndalem mempunyai tiga unsur utama sebuah pondok pesantren yakni Pengasuh, Pimpinan dan Penasehat.

DEWAN PENGURUS
Putra dan Putri. Adalah lembaga hidmah yang membantu Ndalem menangani bidang administratif pendidikan dan juga bidang yang bersangkut paut dengan keberadaan dan kemaslahatan pondok secara administratif. Lewat bidang KPM (Kesantrian dan Pengabdian Masyarakat), Dewan Pengurus membawahi KORDASiS, disamping kepengurusan kamar. Dewan ini (lewat bidang ekstrakurikuler) juga membawahi dan membina Organisasi Santri As-Salafiyyah (OSA), LEKSAH dan LP3A.


Kompetensi Lulusan Pondok As-Salafiyyah

1. Profesi Lulusan :
Pendidik agama islam yang al 'alim al faqih.

2. Profesi Lulusan alternatif :
Pelayan masyarakat dalam bidang keagamaan (islam).

3. Kompetensi lulusan :
1. Mengerti dan memahami bidang- bidang ilmu agama. 2. Memelihara dan memberi latihan tentang akhlaq dan kecerdasan pikiran. 3. Memiliki moralitas dan spiritualitas yang tinggi.

4. Indikator kompetensi :
1. Mampu membaca,memahami dan menyampaikan isi kandungan dari literatur islam. 2. Tawadhu',sopan,ramah dan dermawan.

5. Proses Integrasi, kompetensi dalam mata pelajaran :
1.Ilmu Fiqh 5. Ilmu hadis 2.Ilmu Alat 6. Tarikh 3.Ilmu Akhlq 7. Ilmu Tauhid 4.Ilmu Qur'an 8.Metodologi Pend.

6. Mata Pelajaran Kompetensi Utama :
1.Ilmu Alat 2.Ilmu fiqh 3.Akhlaq 4. Metodologi Pendidikan


Pesan Anda Untuk Assalafiyyah

.


.

PALING DIMINATI

Back To Top