Bismillahirrohmaanirrohiim

0895. LAIN-LAIN : Haramnya Mempelajari Kitab Selain Al-Qur'an

PERTANYAAN :
Kaito Kids Amaterasuno 
Assalamua'alaikum...
Salam silaturahmi, ana mau tanya apa tidak apa-apa kita selaku seorg muslim membaca atau mempelajari kitab selain kitab al-quran ( kitab non muslim ) seperti injil dll???
mohon bimbingannya..
Syukron..

JAWABAN :
Dewi Rosita
Wa'alaikum salaam..
Tidak boleh menelaah kitab-kitab karangan yang bukan dari orang islam, kecuali bagi orang yang mengerti dan dapat membedakan yang haq dan yang bathil.

Mukhtasar alfawaid almakiyyah hal 102-103
قال في الفتاوي الحديثيه لايجوزقرأءةسيرة
البكري لان غالبهاباطل وكذب وقداخبلط فحرم الكل حيث لامميز إ ه ومن ذلك تعلم حرمة قرأءة نزهة المجالس ونحوهاممااختلط الباطل فيه بغيره حيث لامميزإلي ان قال في التحفة يحرم علي غيره عالم متبحرمطالعة نحوتوراة علم تبدلهاأوشك فيه

Dalam alfatawa alhaditsiyah ibnu hajar alhaitami berkata:tidak boleh membaca buku siroh albakri karena sebagian isinya merupakan kebathilan dan kebohongan yang bercampuraduk, maka keseluruhannya menjadi haram sekira tidak terdapat perbedaan antara yg bathil dan yg haq. Dengan demikian dapat di ketahui keharaman membaca nuzhah almajalis dan semisalnya dari buku2 di dalamnya termuat kebatilan yg tercampur dengan yang lainnya sekira tidak terdapat perbdaan...Dalam tuhfah almuhtaj beliau berkata:bagi selain orang yang berpengetahuan luas diharamkan membaca kitab seperti taurot, yang sudah diketahui atau diragukan terdistorsi (berubah)
والله أعلم
[http://0.facebook.com/home.php?sk=group_196355227053960&view=doc&id=312855182070630&refid=7]


.

PALING DIMINATI

Back To Top