Bismillahirrohmaanirrohiim

NGAJI PAGI BARENG PAK KATIB (68)

Oleh KH. Katib Masyhudi

(Bismillahirrah
­manirrahim, saya berniat ngaji karena Allah, semoga Allah memberikan ilmuNya dan menolong untuk bisa mengamalkannya)
---------------­-------
KIAT HIDUP BERKECUKUPAN

Rasulullah saw. bersabda, Allah Ta'ala berfirman yang artinya : " Wahai anak Adam, maksimalkan waktumu hanya untuk beribadah kepadaKu. Niscaya Aku akan memenuhi dadamu dengan kecukupan, dan Aku akan menutup kefaqiranmu. Tetapi jika engkau tidak melakukan seperti itu, maka Aku akan memenuhi hatimu dengan kesibukan, tapi Aku tidak menutup kefaqiranmu ". (HR. at Tirmidzi dan al Baihaqi dari Abi Hurairah)

Memaksimalkan waktu untuk ibadah, bukan berarti kita harus setiap waktu berada di dalam masjid untuk terus-terusan shalat sunat dan terus-terusan baca quran yang biasanya tidak ngerti maksudnya atau ndremimil muter tasbih baca-baca dzikir yang biasanya juga cuma di bibir saja. Bukan.

Tapi, yang dimaksud dengan memaksimalkan waktu hanya untuk beribadah kepada Allah, yaitu menggunakan seluruh waktu yang ada ini, untuk mengerjakan tugas-tugas dan kewajiban hidup dengan 'niat ibadah'. Sehingga apapun yang kita lakukan harus bersifat mendekatkan diri kepada Allah, dan membawa kebaikan bagi sesama. Atau dengan kata lain, kita gunakan seluruh waktu yang ada pada kita ini, untuk ‘berbuat apapun’ yang menjadikan Allah meridhai kita dan memberi manfaat pada sesama.

Dan yang dimakdud dengan ‘kecukupan’ di sini, bukan harus dengan harta yang banyak dan berlimpah, akan tetapi bisa dengan hati yang qona’ah. Hati yang nrima. Allah meletakkan ‘rasa cukup’ dalam hatinya, hati istrinya, dan hati anak-anaknya, sehingga mereka tidak punya keinginan neko-neko, dan tidak tergiur oleh kemewahan dan kesenangan dunia, sehingga kebutuhan hidupnya akan tercukupi meski hanya dengan sedikit harta.

Wallahul muwaffiq ila aqwamit thariiq
Wallahu a'lamu bish shawaab.
Jum'at legi, dinihari
12 April 2013.

PALING DIMINATI

Back To Top