Bismillahirrohmaanirrohiim

SYARAH KITAB "MUKHTARUL HADIST LIL MUBTADI'IN" KARYA : AL-HABIB MUHAMMAD BIN ABDULLAH AL-HADDAR, PENJELASAN HADIST KE-31

اَلْحَدِيْثُ الْحَادِي وَ ثَلاَثُوْنَ
وَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ : (( شَفَاعَتِيْ لأَهْلِ الْكَبَائِرِ مِنْ أُمَّتِيْ )) حَدِيْثٌ حَسَنٌ رَوَاهُ أَحْمَدُ                                                                                                       
Rasulullah SAW bersabda : “Syafa’atku itu untuk pelaku dosa-dosa besar dari umatku.” (HR. Imam Ahmad). Ini adalah hadist hasan.

PELAJARAN YANG TERKANDUNG :
  1. Hadist ini menjelaskan bahwa Allah Ta’ala mengutamakan Nabi kita Muhammad SAW serta mengkhususkan beliau SAW dengan segala kekhususan. Beliaulah orang yang pertama memberi syafaat dan yang diterima pertolongannya.
  2. Hadist ini juga menjelaskan bahwa syafaat itu memiliki derajat-derajat. Setiap bagian dari derajat syafaat tersebut memiliki penolongnya. Mereka adalah para Nabi dan Rasul, para wali Allah, serta para pemuka agama Islam seperti orang-orang ahli ibadah, orang-orang ahli waro’, orang-orang yang zuhud, dan para ulama. Semuanya memiliki bagiannya masing-masing. Akan tetapi, syafaat Nabi kita Muhammad SAW tidak diserupai oleh para pemberi syafaat lainnya. 

PALING DIMINATI

Back To Top