Bismillahirrohmaanirrohiim

PENAFSIRAN SUFI SURAT AL-FATIHAH

Al-Qur’an adalah sumber agama Islam. Kitab suci itu, menempati posisi sentral, bukan saja dalam perkembangan dan pengembangan ilmu-ilmu ke-Islahm, tetapi juga merupakan inspirator, pemandu dan pemandu gerakan-gerakan umat Islam sepanjang 14 abad sejarah pergerakan umat ini.[1]

Dan pemahaman terhadap ayat al-Qur’an melalui penafsiran, mempunyai peranan yang sangat besar bagi maju mundurnya umat. sekaligus, penafsiran-penafsiran itu dapat mencerminkan perkembangan serta corak pemikiran mereka. Dan dalam Ulumul Qur’an, tafsir yang bernuansa sufistik sering dikategorikan sebagai tafsir esoterik.  

Dalam kitab Tâj Al-Muslimîn dan al-Iklîl corak sufistik itu banyak terlihat misalnya dalam ayat,  

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَ إِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ

Ayat ini ditafsirkan sebagai berikut:

“Suwijine peryataan sangkeng wongkang moco dewekne bakal urip nganggu garis ibadah marang Allah lan ora biso ibadah yen ora ono pitulung sangkeng Allah. Dadi yen wus rampung ibadah, ojo ngaku-ngaku biso nglakoni ibadah utowo mbanggak-mbanggaake ibadah.”[2]

Lakoni sholat iku aweh tarbiyah, tegese dudukan yen wong Islam iku biso urib nganggu moto luru yaiku moto syari’at lan moto hakikot. Ono ing Al-qur’an kadawuhake “Sopo-sopo wongkang ono ing sakjeroni urip ing dunyo iku wuto moto atini, wong iku besok desok ono ing akhirati temtu luweh sasar dalane. Yen wong ora seneng urib nganggu mripat siji, semunu ugo yen mlaku nganggu agomo Islam ora bagus umpomo nganggu syari’at tanpo hakikot utowo gandulan hakikot tanpo syari’at.  

Untuk melihat lebih detail tentang penafsiran K.H Misbah Mustofa atas surat al-Fatihah, berikut penjelasan beliau dalam Tâj Al- Muslimîn:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

1)  Pada ayat ini dibahas persoalan fiqh tentang kedudukan basmalah -dalam shalat yang diyakini madzhab-madzhab fiqh. Madzhab Syafi’i berpendapat bahwa basmalah bagian dari ayat al-Fatihâh sedangkan madzhab Imam Auza’i, Malik dan Hanafi berpendapat tidak merupakan bagian dari ayat. Berikut ini tafsir beliau dalam Tâj Al- Muslimîn:  

Ucapan basmalah miturut madzhab imam syafi’i iku siji ayat setengah sangking ayat fatihah. Dadi sopo wonge shalat kanthi moco fatihah ora nggago basmalah ora sah sholate....[3]

الْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

2. (Alhamdulillah) diartikan "Tidak ada yang berhak dipuji selain Allah". Karena ditinjau dari ilmu Nahwu (tata bahasa Arab), susunan mubtada' dan khabar yang ada pada kata (الحمد لله) memiliki qashr. Dengan demikian, lafazh "Alhamdulillaahi' semakna dengan (لا يكون الحمد إلا لله) (Laa yakuunul hamdu illa Lillah, tiada yang berhak memiliki pujian kecuali Allah). "Lam" yang ada pada lafazh Lillaahi bermakna istihqaq (memiliki). Berikut ini tafsir beliau dalam Tâj Al-Muslimîn:  

Ora ono kang anduweni hak dipuji kejaba Allah. Kerono umpamane Ali dipuji kerono ilmune utowo bagus akhlake, iku kang paring ilmu lan bagus akhlak ora ono kejobo Allah....[4]

الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

3) Dua kata dalam ayat ini memiliki arti yang berbeda, berkaitan dengan rahmat Allah, lafad ar-rohman memiliki makna lebih umum, yaitu rahmat Allah bagi semua makhlukNya di dunia, sedangkan ar-rahim memiliki makna lebih khusus, yaitu rahmat Allah kepada kaum muslim saja. Berikut ini tafsir beliau dalam Tâj Al- Muslimîn:  

Rahmat ammah (umum) iki kang dadi artine arrahman, rahmat khosoh (khusus) iki kang dadi artine arrahim...[5]

مَالِكِ يَومِ الدِّيْنِ

4) Lafad “Mâlik” artinya pangeran kang ngeratoni ono ing dino kiamat atau Raja yang menguasai di akhirat. Ayat ini menunjukkan kebesaran dan kekuasaan Allah atas semua makhluk di akhirat kelak. Berikut ini tafsir beliau dalam Tâj Al-Muslimîn:  

Iki dawuh ngandung arti supoyo kito anduweni roso wedi lan ngagungake marang Allah. Kerono ing dino akhir ora ono makhluk kang biso guneman tanpa ijin sangking Allah.[6]

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَ إِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ

5) Kata "Na’budu" berarti kami menyembah atau kami beribadah. Yang dimaksud dengan "ibadah" ialah melaksanakan segala perintah agama Islam disertai dengan perasaan ta'zhim (pengagungan) kepada Allah.

Berikut ini tafsir beliau dalam Tâj Al- Muslimîn:

Dawuh ayat iki suwijine pernyataan sangking wong kang moco yen dewekne bakal urip ngganggo garis ibadah marang Allah lan ora biso ibadah yen ora ono pitulung sangking Allah. Dadi yen wis rampung ibadah ojo ngaku-ngaku biso nglakoni ibadah utowo ambangga’ ake olehe nglakoni ibadah....[7]

Selanjutnya beliau menukil pernyataan Syaikh Abul Hasan Asy-Syadzili menuturkan, bahwa lafazh (Iyyâka na’budu) merupakan isyarat atas pelaksanaan syari'at. Sedangkan lafazh (Wa Iyyâka nasta'iin) merupakan isyarat atas pelaksanaan hakikat.  

Setelah penjelasan tersebut, beliau membagi ibadah menjadi 3 (tiga) tingkatan:[8]

a. Ibadah tingkat rendah : Yaitu beribadah kepada Allah dengan maksud agar memperoleh pahala dari-Nya, agar terhindar dari siksa-Nya. Dikatakan rendah tingkatannya, karena yang terkesan dari ibadah macam ini, pada hakikatnya "menyembah pahala" itu sendiri, bukan "menyembah Allah". Dalam hal ini, Allah sepertinya dijadikan sebagai sarana atau perantara untuk menghasilkan sesuatu yang menjadi maksud tujuan orang yang beribadah.

b. Ibadah tingkat menengah : Yaitu beribadah dengan maksud agar bisa menjadi orang yang mulia dan terhormat, atau agar dekat dengan Allah.

c. Ibadah tingkat tinggi: Yaitu beribadah kepada Allah karena dilandasi oleh kesadaran terhadap Kemahaagungan, Kemahatinggian dan Kemahabesaran Allah. Betapa Allah sebagai Tuhan yang Maha Besar rahmat dan kekuasaanNya.

Sudah semestinya selaku seorang hamba bersimpuh kepada-Nya dan mengagung-agungkan-Nya.

الْمُسْتَقِيْم الصِّرَاطَ اهْدِناَ

6) Lafazh (Ihdi artinya tunjukkan) diambil dari kata: (Hidayah: petunjuk). Sedang kata hidayah itu sendiri terkadang memiliki konotasi "anugerah petunjuk". atau berkonotasi "anugerah berupa merasa enteng dan mudah dalam menjalankan ibadah". Di dalam ayat di atas, kedua pengertian hidayah tersebut kita mohonkan kepada Allah.

Berikut ini tafsir beliau dalam Tâj Al-Muslimîn:

Dawuh iki wewaruh sangking Allah taala supoyo kito kabeh nyuwun diduduhake lan digampangake ngelakoni petunjuk-petunjuk al-Qur’an. Nanging kito kudu ngerti yen kito nyuwun opo-opo marang Allah iku kudu mapaake awake lahir lan batin ono ing papan panggonan wong kang patut diparingi opo kang dadi panyuwun.  

صِرَاطَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِم غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَ لاَ الضَّالِّيْنَ

7) Dalam Tâj Al-Muslimîn disebutkan bahwa para ulama berpendapat lafazh (الذين أنعمت عليهم) adalah surat an-Nisa’ ayat 69 yang artinya,  

Dan barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul-Nva, mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: nabi-nabi, para shiddiqiin, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya." (QS. An-Nisa' [4]: 69)

Berikut ini redaksi kata dalam tafsir Tâj Al-Muslimîn:

Ringkese kito umat Islam diperintahake nyuwun marang Allah taala nuduhake lan anggampangake ngelakoni coro urip kayo coro uripe wong-wong soleh, poro nabi lan syuhada lan wong kang temenan olehe iman tegese iman kang dibukti’ke ono ing ucapan lan penggawean...[9]

Selanjutnya lafad (غير المغضوب عليهم) ditafsiri,

Wong kang dibenduni yaoiku wong-wong Yahudi utowo wong kang kelakuane koyo wong Yahudi tegese ngerti yen siji laku iku bener nanging ora gelem nerimo kerana gumede utowo hasad (drengki). Kang dikarepake wong kang sasar yoiku wong-wong nasrani utowo wong kang salah namune nanging dibenerake ora gelem nerimo…[10]

Untuk melihat lebih detail tentang penafsiran K.H Misbah Mustofa atas surat Al-Fâtihah, berikut penjelasan beliau dalam tafsir al-Iklîl:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
1.  Hampir sama dengan tafsir Tâj Al-Muslimîn, tafsir ayat ini lebih mengarah pada persolan fiqh. Berikut ini redaksi kalimat dalam tafsir Al-Iklîl:  

Lafad basmalah iki yen miturut madzhab Imam Syafi’i yaiku madzhab wong Islam Indonesia kalebu ayat-ayat fatihah. Sawongko iku umpomo ono wong sholat tanpo moco basmalah ora sah sholate.....[11]

الْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

2. Ayat ini ditafsiri lebih luas, yaitu dengan membagi pujian menjadi empat yaitu puji makhluk terhadap makhluk, puji makhluk terhadap Allah, puji Allah terhadap makhluk dan puji Allah terhadap dzat-Nya sendiri. Berikut ini redaksi kalimat dalam tafsir Al-Iklîl :

Puji iku ono papat weno yaiku:[12]

a. Puji makhluk marang makhluk.  

b. Puji kawulo marang Allah.

c. Pengalem Allah marang mahluk.  

d. Puji Allah marang dzate dhewe.

Selanjutnya beliau menulis: lafadz rabbul alamin yang memiliki arti bahwa Allah memiliki kuasa, berikut ini susunan redaksi dalam tafsir al-Iklîl:  

Nuli wedi banget marang Allah karono dzat kang kuasa iku temtu biso gawe wong sugih dadi fakir, wong iman biso diwalik dadi kafir...[13]

الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

3. Ayat ini oleh Misbah dianggap sebagai perangsang bagi manusia untuk meraih rahmat dan berbakti kepada-Nya, berikut ini susunan redaksi dalam tafsir al-Iklîl,   

Iki perlu supoyo kawulo iku anggrengseng marang rahmate Allah, nuli biso gumranggah marang ngabekti Allah taala.[14]

مَالِكِ يَومِ الدِّيْنِ

4.  Ayat ini adalah penjelas atas ayat selanjutnya, bahwa kekuasaan Allah ada di akhirat, bukan di dunia. Berikut ini susunan redaksi dalam tafsir al-Iklîl:

Mulane ditermtuake ono ing yaumiddin (dino kiamat), karono ono ing dunyo akeh kang podo ngrebut kedudukane Allah dadi pengeran kabeh makhluk kayo rojo Fir’aun, rojo Namrud, lan liya-liyane.[15]

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَ إِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ

5. Sebagaimana dalam Tâj Al-Muslimîn, ayat ini juga menafsirkan tentang Ibadah, yang dibagi dalam tiga kategori, yaitu tingkatan rendah, tengah-tengah dan tinggi.[16]

الْمُسْتَقِيْم الصِّرَاطَ اهْدِناَ

6. Hidayah bisa diartikan dengan nerang-nerangaken atau penerang. Terkadang hidayah juga diartikan sebagai kemudahan dalam menjalankan ibadah dan ketaatan kepada Allah. Dan hidayah dalam arti kedua ini hanya dimiliki oleh Allah. Dan dalam Al-Iklîl, hidayah yang dimaksud ayat ini adalah kedua arti tersebut. Berikut ini susunan redaksi dalam tafsir al-Iklîl:

Hidayah kang ono ing ayat iku dikarepake netepi loro-lorone arti, dadi nyuwun tuduhake endi-endi laku kang bener lan nyuwun diparingi biso ngelakoni.[17]

صِرَاطَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِم غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَ لاَ الضَّالِّيْنَ

7. Tafsir ayat ini hampir sama dengan Tâj Al-Muslimîn bahwa yang dimaksud orang-orang yang diberi nikmat adalah sebagaimana surat an-Nisa’ ayat 69. Sedangkan orang dilaknat Allah adalah Yahudi, dan orang yang tersesat adalah Nasrani.[18].

Sumber :
https://www.facebook.com/notes/hakam-ahmed-elchudrie/penafsiran-sufi-surat-al-fatihah/567681243320872

PALING DIMINATI

Back To Top