Bismillahirrohmaanirrohiim

RIDLA ALLAH & HAYATAN THOYYIBAH

Allah telah benjanji, bahwa siapapun yang beriman dan beramal shalih akan mendapatkan kehidupan yang baik , aman sejahtera dunia dan akhirat, dengan firman Nya :

مَنْ عَمِلَ صَالِحاً مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

_“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan”._ (QS. An-Nahl : 97)

Seharusnyalah kita ihtiyar mengikhlaskan semua amal ibadah kita, segala amal ibadah yang kita lakukan harus  bersih dari segala sesuatu tujuan dan   pamrih lain, kecuali hanya  untuk mencapai ridla  Allah semata.
Karena ikhlas itu merupakan jiwa   amal,  artinya amal yang dilakukan tanpa ikhlas ibarat tubuh tanpa ruh, tentu tidak akan ada gunanya sama sekali. Yang berarti amal yang akan diterima  di sisi  Allah hanyalah  amal ibadah yang disertai ikhlas . Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW. :

لاَ يَقْبَلُ اللَّـهُ مِنَ اْلعَمَــلِ اِلاَّ مَا كَانَ لَهُ خَالِصًا وَابْـتُغِىَ بِهِ  وَجْهَـهُ

_“ Allah tak akan menerima  amal kecuali yang disertai ikhlas karena mengharap ridla Allah”_ (HR.Ibnu Majah).

Adapun titik tolak  amal ibadah itu berada pada niyat, niyat yang ikhlas akan menjadikan amal yang kecil menjadi besar, sebaliknya, niyat yang tidak ikhlas dapat menjadikan amal yang bsar menjadi kecil atau bahkan malah menjadikan  amal itu sirna   tanpa guna. Seorang Ulama pernah mengatakan :

رُبَّ عَمَـلٍ  صَغِيْـرٍ تُـعَظِّـمُــهُ النِّيَّةُ
رُبَّ عَمَـلٍ كـَبِيْرٍ تُصَغِّرُهُ  النِّيَّةُ

_"Berapa banyak  amal yang nampaknya hanya kecil, tetapi pahalanya menjadi besar lantaran  niyat yang baik, dan Berapa banyak  amal yang nampaknya besar, tetapi akhirnya menjadi kecil pahalanya  oleh karena  niyatyang keliru”._

Demikian penting peranan niyat didalam beramal,  oleh karenanya hendaknya apapun amal yang kita lakukan  sayang sekali jika tidak diniyatkan dengan ikhlas.

_Wallahul muwaffiq ila aqwamith thariq._

         *_Semoga Bermanfaat_*
   
           🍃  *Jadd al Aufa*
                     17112017

        ┈┈•┈┈•⊰✿📚✿⊱•┈┈•┈┈

PALING DIMINATI

Back To Top