Bismillahirrohmaanirrohiim

Kajian Lafadz Syaikh Dalam Kitab Salaf

Ringkasan seputar lafadz syeh ( شيخ ) yang sering di temukan dalam kitab salaf !!!

شيخ بفتح الشين المعجمة هو فى الأصل مصدر شاخ يقال شاخ يشيخ شيخا ثم وصف به مبالغة ويصح ان يكون صفة مشبهة

Syekh dgn d baca fathah syien yang d beri titik yang asal nya masdar dri lafadz syakho yasyikhu syekh, kemudiyan d jadikan sifat mubalaghoh dan sah d jadikan sifat musyabahath.

لغة من استبان فيه الشيب،او من جاوز الأربعين لأن الإنسان مادام فى بطن أمه يقال له جنين لإجتنانه واستتاره وبعد الوضع يقال له طفل وذرية وصبي وبعد البلوغ يقال له شاب وفتى وبعد الثلاثين يقال له كهل  وبعد الأربعين يقال له للذكر شيخ وللأنثى شيخة

Menurut etimologi, lafadz syekh arti nya orang yg telah nampak uban nya ataw orang yg sdh sampai usia 40 thn..
Karena setiap insan slma masih ada d dalam perut ibu nya ,maka d sebut janin ,sbb ia masih tersimpan dan tertutup.
Setelah lahir maka insan d d sebut orok,bayi dan turunan,bocah.
Setelah balig maka d sebut anak muda dan , kaum muda.
Setelah sampai usia 30 thn maka d sebut setengah umur,setengah baya..
Dan setelah sampai usia 40 thn maka d sebut syekh ,bagi laki-laki dan syekht bagi wanita.

وفى الإصطلاح من بالغ رتبة أهل الفضل ولوصبيا

Sedangkan syekh menurut terminologi ,ia lah seorang yg telah sampai ke derajat ahli fadol/ahl ke utamaan.

وله احد عشر جمعا خمسة مبدوأة بالشين وهي شيوخ بضم الشين وكسرها وشيخة بفتح الياء وسكونها وشيخان كغلمان وخمسة مبدوأة بالميم وهي مشايخ بالياء لابالهمز ومشيخة بفتح الميم وكسرها  ومشيوخا بإثبات الواو بعدالياء وبحذفها وواحد مبدوء بالهمز وهو اشياخ وكلها شاذة الاجمعين احدهما شيوخ كما يقتضيه قول ابن مالك فى الفيته
كذاك يطرد فى فعل اسما مطلق الفا * والثانى أشياخ كما يقتضيه قوله فيها
وغير ما أفعل فيه مطرد * من الثلاثى اسما بافعال يرد

Dan lafadz syekh mempunya 11 jama :
5.d awali dgn syien
5.d awali dengan miem tanpa hamzah
1.d awali hamzah...sebagai mana setaitmen nya ibnu malik dalam kitb al-fiyath.

وفى العرف العام العاقل او المحنك بالتجارب  اوالمرشد

Dan menurut uruf umum ,syekh ia lah orang yg berakal ataw orang yg mengerti dgn sgla percobaan,pengujiyan,eksperimen ,ataw pemandu , penasihat.

وفى العرف الخاص : الراسخ فى علوم الشرع الثلاثة الإيمان الذي هو مادة علم التوحيد ، والإسلام الذي هو مادة العلم الفقه ،والإحسان الذي هو مادة علم المطلوب فى علم السلوك والحقيقة

Menurut uruf khos syehk ia lah seorang yg stabil dalam menguasai 3 ilmu syara :
1.iman ,ia lah zat,bahan nya ilmu tauhid
2.islam ,ia lah zat,bahan nya ilmu fiqih
3.ihsan ,ia lah zat,bahan nya ilmu yg d cari dalam pencariyan untuk menuju kpda allah dan hakekat.

قيل  وانما اشتهر الشيخ عبد القادر الجيلانى باسم الشيخ لأنه كان من الراسخين فى علوم الدين الثلاثة

Konon kata nya terkenal nya syekh abdul kodir dgn julukan syekh , karena beliou (syekh abdul kodir) stabil dalam 3 ilmu agama..( 1.iman 2.islam 3.ihsan)

فاذا اطلق الشيخ عند الصوفية انصرف اليه كما اذا اطلق  عند الفقهاء الشافعية  انصرف الى الشيخ ابى إسحاق الشيرازى ويمكن الجمع  بين هذه المعانى المذكور  بان يقال المراد به الراسخ فى العلم الذي صار يرشد بعلمه ويربى بآدبه  ولوشابا.

Maka apa bila d katakan syekh menurut ulama sufi,d kembalikan kpda syekh abdul qodir sebagai mana lafadz syekh d katakan menurut ulama fuqoha asyafi'yah maka d kembalikan kpda syekh  abi' ishak asyerozi'
Dan mungkin ketika kumpul antara makna yg tlah d tuturkan bisa d katakan yg d maksud dgn syekh itu ia lah seseorang yg stabil memandu ,terbimbing dgn ilmu nya dan memperhatika etika nya ,sekalipun keadaan masih muda...

نقل فى سبعة  كتب مفيدة مع كتب اخر الفقير الرحمة الرب فيفى خذيفى حال كونه نفعا خاصة لى وللإخوان المسلمين العامة

PALING DIMINATI

Back To Top