Bismillahirrohmaanirrohiim

Pentingnya Kejernihan dan Ketulusan Hati

Pentingnya Kejernihan dan Ketulusan Hati

ﻋﺒﺎﺩﺓ ﻏﺎﻟﻴﺔ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻠﻪ ، ﻗﻠﻴﻠﺔ ﺍﻟﻮﺟﻮﺩ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﻨﺎﺱ .. ﻫﻲ ﺻﻔﺎﺀ ﺍﻟﻘﻠﺐ 
Ibadah yang sangat berharga menurut Alloh, tapi sedikit sekali keberadaannya dalam kehidupan nanusia. Yaitu Kejernihan dan ketulusan hati.
- ﻗﺎﻝ ﺑﻌﻀﻬﻢ : ﻛﻠﻤﺎ ﻣﺮﺭﺕ ﻋﻠﻰ ﺑﻴﺖ ﻣﺴﻠﻢ ﻣﺸﻴﺪ ﺩﻋﻮﺕ ﻟﻪ ﺑﺎﻟﺒﺮﻛﺔ ! ؟
Seorang ulama' berkata: "Setiap aku melewati rumah orang muslim yang megah, maka aku berdoa, agar diberikan barokah.
- ﻭﻗﺎﻝ ﺑﻌﻀﻬﻢ : ﻛﻠﻤﺎ ﺭﺃﻳﺖ ﻧﻌﻤﺔ ﻋﻠﻰ ﻣﺴﻠﻢ ( ﺳﻴﺎﺭﺓ ، ﻣﺸﺮﻭﻋﺎ ، ﻣﺼﻨﻌﺎ، ﺯﻭﺟﺔ ﺻﺎﻟﺤﺔ ، ﺫﺭﻳﺔ ﻃﻴﺒﺔ ...) ﻗﻠﺖ ﺍﻟﻠﻬﻢ
ﺍﺟﻌﻠﻪ ﻣﻌﻴﻨﺎ ﻟﻪ ﻋﻠﻰ ﻃﺎﻋﺘﻚ ﻭﺑﺎﺭﻙ ﻟﻪ ﻓﻴﻬﺎ .!
Seorang lagi berkata: " Setiap aku menyaksikan kenikmatan yang diperoleh orang muslim, baik pangkat kekuasaan, pabrik, istri sholehah dan keturunan yang baik, maka aku berdoa: "Ya Alloh. Jadikankah untuknya semua itu, membantu taat padaMu. Dan berikan berkah semua itu padanya."
- ﻭﻗﺎﻝ ﺁﺧﺮ: ﻛﻠﻤﺎ ﺭﺃﻳﺖ ﻣﺴﻠﻤﺎ ﻳﻤﺸﻲ ﻣﻊ ﺯﻭﺟﺘﻪ ﺩﻋﻮﺕ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﻥ ﻳﺆﻟﻒ ﺑﻴﻦ ﻗﻠﺒﻴﻬﻤﺎ ﻋﻠﻰ ﻃﺎﻋﺘﻪ .
Yang lain berkata: "Ketika aku melihat orang muslim berduaan dengan istrinya, maka aku memohon kepada Alloh, agar hati mereka bisa menyatu taat kepada Alloh".
ﻭﻗﺎﻝ ﺑﻌﻀﻬﻢ : ﻛﻠﻤﺎ ﻣﺮﺭﺕ ﻋﻠﻰ ﻋﺎﺻﻲ ﺩﻋﻮﺕ ﻟﻪ ﺑﺎﻟﻬﺪﺍﻳﺔ .
Yang lain berkata: " Ketika aku menjumpai orang yg maksiat, maka aku mendiakan, agar diberi hidayah/petunjuk."
ﻭﺁﺧﺮ ﻳﻘﻮﻝ : ﺃﻧﺎ ﺃﺩﻋﻮ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﻥ ﻳﻬﺪﻱ ﻗﻠﻮﺏ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺃﺟﻤﻌﻴﻦ .
ﻓﺘﻌﺘﻖ ﺭﻗﺎﺑﻬﻢ ﻭﺗﺤﺮﻡ ﻭﺟﻮﻫﻬﻢ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﺎﺭ .
Ada yang berkata: "Aku selalu memohon kepada Alloh, agar memberikan petunjuk hati semua manusia.".
Kelak nanti mereka dubebaskan dan diharamkan mereka dari api neraka "
ﻭﻗﺎﻝ ﺁﺧﺮ : ﻋﻨﺪ ﻧﻮﻣﻲ ﺃﻗﻮﻝ ﻳﺎﺭﺏ ﻣﻦ ﻇﻠﻤﻨﻲ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﻓﻘﺪ ﻋﻔﻮﺕ ﻋﻨﻪ ﻓﺎﻋﻒ ﻋﻨﻪ ﻓﺄﻧﺎ ﺃﻗﻞ ﻣﻦ ﺃﻥ ﻳُﻌﺬﺏ ﻣﺴﻠﻤﺎ ﺑﺴﺒﺒﻲ ﻓﻲ ﺍﻟﻨﺎﺭ ...
Sementara ada yang berkata: "Tiap aku hendak tidur, aku munajat: " Ya Tuhan.! Orang yg berlaku dzolim padaku, dari orang orang muslim, maka aku telah memaafkan. Maka dari itu ampunilah dia. Aku ini terlalu hina, dibanding siksaan orang muslim dalam neraka, gara gara aku."

ﻗﻠﻮﺏ ﺻﺎﻓﻴﺔ ...  ﻣﺎ ﺃﺣﻮﺟﻨﺎ ﺍﻟﻰ ﻣﺜﻠﻬﺎ !!
Sekali lagi. Hati yang bersih dan tulus. Alangkah mendesaknya, kita butuh hati semacam itu..?!
ﺍﻟﻠﻬﻢ ﻻﺗﺤﺮﻣﻨﺎ ﻣﻨﻬﺎ ﻓﺈﻥ ﺍﻟﻘﻠﻮﺏ ﺍﻟﺼﺎﻓﻴﺔﺳﺒﺐ ﻓﻲ ﺩﺧﻮﻟﻨﺎ ﺍﻟﺠﻨﺔ
Ya Alloh. Jangan halangi kami dari karunia hati yang bersih dan tulus.! Sebab hati yg bersih bisa menjadi sebab kami masuk sorga. Amin.
(Gus Muwafiq - Jogja)


.

PALING DIMINATI

Back To Top