Bismillahirrohmaanirrohiim

PELURUSAN SALAH PAHAM PANITIA DAN 'AMIL ZAKAT

SALAH PAHAM PANITIA DAN AMIL

Amil, yaitu : orang yang diangkat Imam (Pemerintah) untuk mengumpulkan dan membagi zakat, dan status Amil adalah wakil dari penerima Zakat, artinya apabila orang mengeluarkan zakatnya melalui Amil, zakatnya sudah cukup (sah).

Adapun panitia yang ada di masyarakat tidak termasuk Amil, panitia tersebut hanya sebagai wakil dari Muzakki (orang yang mengeluarkan Zakat), jadi Zakat yang ada di tangan panitia itu masih milik Muzakki, yang harus mereka bagikan kepada yang berhak menerima dengan cara yang benar  dan tepat waktu.

Referensi kitab :
Hawasy Syarwani Juz 4 hlm 415

حواشي الشرواني وابن قاسم العبادي على تحفة المحتاج بشرح المنهاج   ج : 4  ص : 415

(وَ) لَهُ (الصَّرْفُ إلَى الْإِمَامِ) أَوْ السَّاعِي ; لِأَنَّهُ نَائِبُ الْمُسْتَحِقِّينَ فَيَبْرَأُ بِالدَّفْعِ لَهُ وَإِنْ قَالَ أَيْ الْإِمَامُ آخُذُهَا مِنْك وَأُنْفِقُهَا فِي الْفِسْقِ ; لِأَنَّهُ لَا يَنْعَزِلُ بِهِ .
قوله: (وإن قال آخذها الخ) أي الإمام سم ونهاية أي وسواء صرفها بعد ذلك لمستحقيها أو تلفت في يده أو صرفها في مصرف آخر ولو حراماً ع ش

KETERANGAN :

➡ Panitia (bukan Amil) tidak boleh melakukan beberapa hal, antara lain :

a. Membagi kepada masyarakat yang dimungkinkan zakat akan kembali kepada pemiliknya semula.

b. Mengambil bagian atas nama Amil

c. Menjual untuk kepentingan panitia.

➡ Panitia harus meneliti dengan jeli siapa yang berhak menerima Zakat.

➡ Pembagian Zakat yang tidak benar mengakibatkan Zakat tidak Sah, seperti yang terjadi di Sekolah-sekolah, Kantor-kantor dll, yang pada pelaksanaannya kebanyakan tidak sesuai dengan ketentuan fiqih seperti penerimanya bukan Mustahiq, menjual zakat untuk oprasional dan lain sebagainya.

Referensi kitab : Al-Tarmasyi Juz 4 hlm 120

موهبة ذى الفضل ترمسى الجزء الرابع ص 120
"قوله والعاملون عليها" اى الزكاة يعنى من نصبه الإمام فى أخذ العمالة من الزكوات إلى أن قال . . . ومقتضاه أن من عمل متبرعا لا يستحق شيئا على القاعدة اهـ

Dikutip dari LBM PCNU Blitar

✒️ Ustadz Muhammad Husein Al Habsyi

👥 Facebook Page :
Fb.com/UstMuhammad110

📣 Telegram Channel :
bit.ly/UstMuhammad110


.

PALING DIMINATI

Back To Top