Bismillahirrohmaanirrohiim

Fiqih Qurban Madzhab Syafi'iy (1)

Fikih Qurban Mazhab Syafi'i (1)

Definisi:
Udhiyah (qurban) merupakan derivasi kata Dhohwah (awal pagi), karena umumnya disembelih di pagi hari (waktu Dhuha).
Secara terminologi qurban adalah hewan (jenis rajakaya) yang disembelih untuk mendekatkan diri kepada Allah di waktu hari raya idul Adha sampai akhir hari tasyriq.

* تعريفها: مشتقة من الضحوة، وسميت بأول زمان فعلها، وهو الضحى.
وهي ما يذبح من النعم تقربا إلى الله تعالى من يوم العيد إلى آخر أيام التشريق.


Dalil disyariatkan Qurban:
• Firman Allah (QS. Al-Hajj: 36): 
وَالْبُدْنَ جَعَلْنَاهَا لَكُمْ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ
"Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebahagian dari syi`ar Allah"

• Firman Allah (QS. Al-Kautsar: 2)
فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ
"Maka dirikanlah shalat karena Rabbmu; dan ber-qurbanlah".
✓ sholat di sini adalah sholat idul Adha dan setelahnya berqurban.


• HR. Imam Muslim

أنه صلى الله عليه وسلم ضحى بكبشين أملحين أقرنين 
"Sesungguhnya Rasulullah shalallahu alaihi wasallam berqurban dg dua domba besar dan bertanduk".

• HR. At-Tirmidzi
ما عمل ابن آدم يوم النحر أحب إلى الله من إهراق الدم، وإنه ليؤتى يوم القيامة بقرونها وأشعارها وأظلافها، وإن الدم ليقع من الله بمكان قبل أن يقع بالأرض، فطيبوا بها نفسا.


“Tidaklah anak Adam melakukan suatu amalan pada hari Nahr (Iedul Adha) yang lebih dicintai oleh Allah daripada mengalirkan darah (berqurban), dan sesungguhnya pada hari kiamat orang yang berqurban itu akan diberi tanduk, bulu, dan kukunya, dan sesungguhnya darah tersebut akan sampai kepada Allah sebelum jatuh ke tanah, maka hendaknya kalian merasa senang karenanya.” 

* مشروعيتها : الأصل فيها قبل الإجماع قوله تعالى: {وَالْبُدْنَ جَعَلْنَاهَا لَكُمْ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ} [ الحج: ٣٦ ] فهي من أعلام دين الله، وقوله تعالى: {فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ} [الكوثر: ٢] على أشهر الأقوال، أن المراد بالصلاة صلاة العيد، وبالنحر الضحايا، وخبر مسلم «أنه صلى الله عليه وسلم ضحى بكبشين أملحين أقرنين».
وعن عائشة أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: «ما عمل ابن آدم يوم النحر من عمل أحب إلى الله تعالى من إراقة الدم، إنها لتأتي يوم القيامة بقرونها وأظلافها، وإن الدم ليقع من الله بمكان قبل أن يقع من الأرض فطيبوا بها نفسا». رواه الترمذي وحسنه

Hukum Qurban: 
Imam Asy-Syafi'i dan ulama Syafi'iyah menyatakan bahwa qurban hukumnya sunah muakkad, syiar yang harus dinyatakan dan seyogyanya bagi muslim yang mampu melestarikannya. Qurban tidak wajib kecuali jika dinarzarkan sebelumnya. Dan ini adalah pendapat mayoritas.
Qurban juga disunahkan bagi orang yang beribadah haji saat di Mina. Dalam hadits Al-Bukhori dan Muslim dinyatakan, 

أن النبي صلى الله عليه وسلم ضحى في منى عن نسائه بالبقر

"Sesungguhnya nabi Shalallahu alaihi wasallam berqurban sapi untuk istri-istrinya saat berada di Mina".

#حكمها :
قال الشافعي والأصحاب: التضحية سنة مؤكدة وشعار ظاهر ينبغي للقادر عليها المحافظة عليها ولا تجب بأصل الشرع, إلا لو نذرها؛ فتلزمته كسائر الطاعات.
وبهذا قال أكثر العلماء وممن قال به أبو بكر الصديق وعمر بن الخطاب وبلال وأبو مسعود البدري وسعيد بن المسيب وعطاء وعلقمة والأسود ومالك وأحمد وأبو يوسف واسحق وأبو ثور والمزني وداود وابن المنذر.
والصواب أن التضحية سنة للحاج بمنى كما هي سنة في حق غيره، وثبت في صحيح البخاري ومسلم أن النبي صلى الله عليه وسلم  (ضحى في منى عن نسائه بالبقر).

✓ Ulama Syafi'iyah berpendapat bahwa qurban hukumnya sunah_kifayah bagi penghuni satu rumah; Artinya, jika salah seorang berqurban maka kesunahan berqurban mengena kepada semua anggota keluarganya.
Imam Ar-Rofi'i berkata, 'Satu domba tidak boleh diqurbankan kecuali untuk satu orang; jika salah satu anggota keluarga ada yang berqurban maka syiar dan sunah qurban mengena kepada mereka semua. Inilah pengertian hadits :

أن النبي صلى الله عليه وسلم ضحى بكبشين، وقال: اللهم تقبل من محمد وآل محمد

"Sesungguhnya nabi shalallahu alaihi wasallam berqurban dengan dua domba dan berdoa; YA ALLAH, TERIMALAH DARI MUHAMMAD DAN DARI KELUARGA MUHAMMAD".

Padanan bagi qurban itu sunah kifayah adalah dalam masalah memulai salam yang berhukum sunah kifayah.

Adapun dalil qurban adalah sunah kifayah bagi keluarga satu rumah adalah ucapan Abu Ayub Al-Anshori: 

كنا نضحي بالشاة الواحدة يذبحها الرجل عنه وعن أهل بيته ثم تباهى الناس بعد فصارت مباهاة


"Kami berqurban dg satu domba; Seseorang menyembelihnya dengan niat untuk dirinya sendiri dan juga untuk keluarganya. Kemudian kaum muslimin jor-joran berqurban".

قال أصحابنا : التضحية سنة على الكفاية في حق أهل البيت الواحد فإذا ضحى أحدهم حصل سنة التضحية في حقهم.
قال الرافعي: الشاة الواحدة لا يضحى بها إلا عن واحد لكن إذا ضحى بها واحد من أهل بيت تأتَّى الشعار والسنة لجميعهم.
قال وعلى هذا حمل ما روي أن النبي صلى الله عليه وسلم  (ضحى بكبشين، وقال: اللهم تقبل من محمد وآل محمد).
قال: وكما أن الفرض ينقسم إلى فرض عين وفرض كفاية فقد ذكر الأصحاب أن التضحية كذلك وأن التضحية مسنونة لكل أهل بيت.
ومما يشبه قول الأصحاب إن الأضحية سنة على الكفاية قولهم الابتداء بالسلام سنة على الكفاية.
ومما يستدل به لكون التضحية سنة على الكفاية قول أيوب الأنصاري: (كنا نضحي بالشاة الواحدة يذبحها الرجل عنه وعن أهل بيته ثم تباهى الناس بعد فصارت مباهاة).
والصحيح أن هذه الصيغة تقتضي أنه حديث مرفوع.


Dalil kesunahan Qurban:
• Hadits riwayat Al-Baihaqi dari Hudzaifah bin Asid; 

لقد رأيت أبا بكر وعمر رضي الله عنهما وما يضحيان عن أهلهما خشية أن يستن بهما
"Aku melihat sendiri Abu Bakar dan Umar tidak berqurban karena khawatir qurban dianggap sebagai sunah yang gak boleh ditinggalkan". 

Imam Asy-Syafi'i berkata: Maksudnya adalah takut dipersepsikan sebagai suatu kewajiban.
Argumentasi imam Asy-Syafi'i bahwa qurban tdk wajib adalah hadits.

إذا دخلت العشر وأراد أحدكم أن يضحي فلا يمس من شعره شيئا
"Jika masuk 10 hari awal Dzulhijjah dan salah satu kalian hendak berqurban maka jangan mencukur rambutnya sedikitpun"


إذا دخل العشر وعند أحدكم أضحية يريد أن يضحي فلا يأخذن شعرا ولا يقلمن ظفرا


"Jika masuk 10 hari awal Dzulhijjah dan salah seorang dari kalian ingin berqurban maka janganlah mencukur rambut dan jangan memotong kuku".

Di sini qurban diserahkan sepenuhnya kpd keinginan pihak pengorban. Andai qurban itu wajib tentu Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda, "Jangan potong rambut sampai berqurban".
Ulama Syafi'iyah menguatkan dg tambahan argumentasi, 'Andai qurban itu wajib maka mestinya tdk akan gugur karena habis waktunya tanpa adanya pengganti, sebagaimana halnya sholat Jum'at dan lainnya. Dalam hal ini Mazhab Hanafi sama; bahwa jika lewat waktunya tidak diqodho'.

* الدليل على سنيتها:
ما رواه البيهقي وغيره بإسناد حسن عن حذيفة بن أسيد قال: " لقد رأيت أبا بكر وعمر رضي الله عنهما وما يضحيان عن أهلهما خشية أن يستن بهما ".
قال الشافعي: يعني فيظن من رآهما أنها واجبة.
واحتج الشافعي والأصحاب على أنها ليست واجبة بحديث أم سلمة رضي الله عنها قالت قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (إذا دخلت العشر وأراد أحدكم أن يضحي فلا يمس من شعره شيئا) وفي رواية (إذا دخل العشر وعند أحدكم أضحية يريد أن يضحي فلا يأخذن شعرا ولا يقلمن ظفرا).
قال الشافعي: هذا دليل أن التضحية ليست بواجبة لقوله : (وأراد) فجعله مفوضا إلى إرادته ولو كانت واجبة لقال فلا يمس من شعره حتى يضحي.
قال أصحابنا: ولأن التضحية لو كانت واجبة لم تسقط بفوات وقتها إلى غير بدل كالجمعة وسائر الواجبات. ووافقنا الحنفية على أنها إذا فاتت لا يجب قضاؤها. والله أعلم


.

PALING DIMINATI

Back To Top